Kementerian ESDM ungkap situasi penyaluran BBM jalur selatan

Secara umum ketersediaan stok dan penyaluran BBM saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar.

Kementerian ESDM Pantau Stok dan Penyaluran BBM Jalur Selatan. Foto Kementerian ESDM

Menyambut masa sibuk mudik Lebaran 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan monitoring  ketersediaan dan pendistribusian BBM, di jalur Pantai Selatan, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hingga saat ini persiapan infrastruktur dan pasokan BBM di DIY jelang Idulfitri dinyatakan aman.

"Kalau untuk persiapannya saya lihat dari segi infrastruktur dan pasokan sudah cukup siap. Jadi kalau dari jalur selatan ini perkiraan kita peningkatan nanti pada saat hari H dan beberapa hari sebelumnya, seminggu, atau seminggu setelahnya itu kurang lebih meningkat sekitar 40-60%. Kalau kami cek di lapangan di Pertamina, di tangki-tangkinya mencukupi. Kemudian sistem pengisiannya dari mana dia ambilnya, dari terminal mana ngambilnya sudah dipersiapkan," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, di Kulon Progo, Jumat (14/4).

Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief juga menyatakan kesiapan pasokan dan penyaluran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewulu dan sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di DIY dalam melayani kebutuhan masyarakat pada periode arus mudik dan arus balik Idulfitri.

"Jadi salah satu kegiatan kita di beberapa SPBU di Jogja dan TBBM Rewulu untuk memastikan kesiapan Pertamina terkait dengan Satgas Ramadan Idulfitri (RAFI), dan kita lihat kemarin di beberapa SPBU di Jogja, maupun hari ini di sekitar sini di Rewulu, Pertamina sudah menyiapkan untuk kegiatan RAFI ini, selama bulan Ramadan dan nanti sampai arus mudik dan arus balik," ujar Eman.

Dalam lawatannya ke TBBM Rewulu, Eman menyatakan stok dan penyaluran BBM selama periode posko RAFI berjalan baik, terkendali, dan aman.