Kepala Otorita IKN jamin pembangunan IKN melibatkan penduduk lokal

Penduduk lokal akan dibekali dengan berbagai pelatihan yang akan dibutuhkan.

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. Foto YouTube Setkab

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono memastikan pembangunan IKN akan melibatkan penduduk lokal. Penduduk lokal akan dibekali dengan berbagai pelatihan yang akan dibutuhkan.

Untuk itu, kata Bambang, pihaknya bekerja sama dengan berbagai elemen seperti lembaga swadaya masyarakat, akademisi, hingga korporasi untuk mempersiapkan peningkatan kompetensi tersebut.

"Memberikan skill-skill yang insya Allah dibutuhkan oleh para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah bermukim di kawasan IKN. Sehingga nantinya mereka juga akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri,” kata Bambang dalam keterangannya usai Rapat Terbatas di Istana Merdeka, dikutip Kamis (21/7).

Pada rapat tersebut, Bambang juga melaporkan persiapan pembangunan sejumlah pekerjaan infrastruktur yang mencakup konsolidasi soal lahan hingga akses logistik. Pekerjaan infrastruktur sejumlah bangunan inti rencananya dibangun pertama pada Agustus.

"Itu akan segera dipersiapkan dengan harapan agar nanti di tahun depan, itu memang kita sudah mulai dalam skala penuh untuk membangun infrastruktur dan bangunan-bangunan inti,” ujarnya.