Klarifikasi UIN Syarif Hidayatullah soal keluarkan 860 mahasiswa

Surat keputusan yang telah beredar soal dikeluarkannya ratusan mahasiswa UIN Jakarta telah ditarik.

Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto: Wikipedia

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akhirnya mengklkarifikasi soal infromasi drop out terhadap 860 mahasiswa. Informasi tersebut sebelumnya tertuang dalam surat keputusan rektor Nomor: 159 tahun 2019.

Berdasarkan surat keputusan tersebut, rata-rata 860 mahasiswa yang dikeluarkan itu merupakan tingkat akhir atau telah melewati masa studinya. Selain itu, ada pula mahasiswa yang menunggak pembayaran semester.

Menanggapi polemik itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Burhanuddin Umar Lubis, mengatakan surat keputusan yang telah beredar sebelumnya itu telah ditarik kembali olehnya. Alasannya, setelah dicermati isi keputusan pada surat itu banyak kesalahan.

“Itu SK-nya (surat keputusan) sudah dicabut. Itu juga kan sudah lama SK-nya. Ternyata pas dikaji kembali oleh administrasi, itu banyak kesalahan dan akhirnya sudah dicabut," kata Amany saat dihuhungi Alinea.id di Jakarta Jumat, (2/8).

Kendati sudah dicabut, Amany memastikan, tidak ada satu pun mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang dikeluarkan. Terkecuali mahasiswa yang keluar dengan sendirinya.