Konstruksi LRT capai 75%

LRT akan beroperasi pada 10 Agustus 2018 atau saat Asian Games 2018.

Pekerja menggunakan alat berat untuk mengangkat kereta LRT (Light Rail Transit) ke jalurnya di Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/7) dini hari / Antara Foto

Pembangunan light rail transit (LRT) Jakarta Koridor I Fase I (Kelapa Gading-Velodrome) telah mencapai 75%.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan LRT akan beroperasi pada 10 Agustus 2018 atau saat Asian Games 2018. Untuk itu, akan dilakukan sertifikasi secara berangsur agar LRT bisa digunakan pada perhelatan tersebut.

"Dari 75% itu, sekitar 15% progress pembangunan Stasiun Depo. Namun bila secara keseluruhan beserta sarana dan prasarana LRT kisaran 92%. Saya juga telah perintahkan Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk lakukan sertifikasi secara berangsur. Nantinya, ini bisa dioperasikan untuk Asian Games 2018," ujar Budi usai peninjauan LRT dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Minggu (5/7).

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto menegaskan, untuk Asian Games 2018 akan digunakan 3-4 trainset LRT. Adapun  proses sertifikasinya dilakukan hingga 10 Agustus 2018.

"Kemarin datang delapan unit kereta dan untuk Asian Games akan menggunakan 3-4 trainset. Tahap awal operasi dari Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard menuju Velodrome. Lima stasiun beroperasi," ujarnya.