KPAI minta identitas siswa yang bocorkan soal UNBK dirahasiakan

"Anak bisa salah, namun tetap diberikan kesempatan memperbaiki diri."

Siswa SMA Darul Ulum I Uggulan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di Rejoso, Kecamata Peterogan, Jombang, Jawa Timur, Senin (1/4)./ Antara Foto

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA pada Selasa (2/4), diwarnai dengan bocornya soal mata pelajaran matematika. Foto-foto soal yang jadi bahan uji, tersebar di grup LINE Square pada aplikasi pesan instan LINE .

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan foto soal yang kemudian tersebar di dunia maya, merupakan soal UNBK 2019. Hal ini ditandai dengan kode PUSPENDIKCATCBTTEST19 yang tertera dalam kertas uji. 

"Itu benar soal UNBK matematika tahun 2019. Berarti ada kelalaian dari pengawas ruang karena ternyata ada siswa yang membawa handphone ke ruang ujian, dan bahkan berhasil memfotonya. Siswa yang bersangkutan kemudian menyebarkannya melalui aplikasi LINE," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/4).

Terkait kasus ini, Retno mengatakan KPAI telah meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk merahasiakan identitas anak yang memfoto soal mata uji Matematika tersebut.

"KPAI meminta Kemdikbud dan Dinas Pendidikan terkait, untuk tidak membuka identitas anak pelaku. Anak bisa salah, namun tetap diberikan kesempatan memperbaiki diri," ujar Retno.