KPK pastikan pernyataan Arteria Dahlan di Mata Najwa menyesatkan publik

Selain laporan kinerja, KPK juga selalu mempublikasikan laporan keuangan, akuntabilitas kinerja dan pelayanan informasi publik.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, memberikan keterangan pers kepada publik. Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi sejumlah pernyataan yang dilontarkan politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, dalam program acara Mata Najwa. Lembaga antirasuah itu memastikan pernyataan Arteria keliru dan terlalu berisiko menyesatkan publik.

Setidaknya, terdapat tiga hal krusial yang dapat KPK jelaskan terkait pernyataan Arteria. Pertama, terkait pelaporan tahunan KPK. Arteria diketahui menuding KPK tidak pernah membuat laporan kinerja tahunan. Padahal sebaliknya, KPK selalu membuat laporan kinerjanya setiap tahun.

“Laporan tahunan merupakan salah satu produk rutin yang wajib kami susun dan disampaikan pada DPR, Presiden, BPK dan juga publik. KPK telah menyusun laporan ini dan mengirimkan pada DPR, Presiden, BPK dan instansi lain yang terkait,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

Bahkan, laporan tersebut dapat diakses publik melalui https://www.kpk.go.id/id/publikasi/laporan-tahunan. Febri menerangkan, laporan tersebut berisi mengenai hasil kinerja KPK secara keseluruhan, baik monitoring, supervisi, koordinasi, penindakan, dan pencegahan.

Selain laporan kinerja, KPK juga selalu mempublikasikan laporan keuangan, laporan akuntabilitas kinerja dan laporan pelayanan informasi publik.