KPK soroti masalah kualitas pembangunan jalan: Anggaran untuk 3 tahun, baru 1 musim hujan sudah amblas

Persoalan pembangunan infrastruktur menjadi krusial sebab menyangkut pengawasan proyek, kualitas pekerjaan, serta pertanggungjawaban.

KPK menyoroti masalah buruknya kualitas pembangunan jalan sebab amblas saat musim hujan, padahal mestinya bertahan 3 tahun. Foto BPMI Setpres/Laily Rachev

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur dasar, seperti jalan raya. Diketahui, infrastruktur jalan yang rusak di Lampung, Jambi, dan daerah lainnya tengah disorot publik bahkan ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan, tak sedikit infrastruktur jalan yang dibangun dengan kualitas memprihatinkan. Akibatnya, lebih cepat rusak.

"Seharusnya jalan dengan anggaran bisa bertahan tiga tahun, ternyata baru satu musim hujan sudah amblas aspalnya. Misalnya seperti itu," kata Alex dalam keterangannya, Kamis (18/5).

Selain kualitas, adalah pengawasan pembangunan infrastruktur juga perlu disoroti. Menurutnya, kebocoran anggaran menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai.

Dalam tiap pembangunan infrastruktur, kata Alex, anggaran yang dikucurkan pemerintah dapat terserap 100%. Meski demikian, tidak sepenuhnya akan menjadi infrastruktur.