Kritik Said Didu terhadap posisi Wakil Menteri BUMN

Presiden Jokowi menunjuk Dirut Bank Mandiri Kartika Wiryoatmojo dan Dirut PT Inalum Budi Gunadi Sadikin sebagai wakil menteri BUMN.

Calon Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartiko Wiryoatmojo, berjabat tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo memanggil para kandidat wakil menteri ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Sebanyak 12 orang dari berbagai latar belakang diminta untuk memperkuat jajaran Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Salah satu kementerian yang diperkuat dengan keberadaan wakil menteri adalah Kementerian BUMN. Hari ini Jokowi menunjuk dua orang untuk menjadi wakil menteri BUMN mendampingi Menteri Erick Thohir. Keduanya, yakni Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wiryoatmojo dan Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Tiko, panggilan Kartika Wiryoatmojo, dan Budi Sadikin, sudah menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pagi tadi. Usai pertemuan, keduanya bersama-sama memberi keterangan kepada media.

"Saya sama Pak Tiko bantu Pak Erick Thohir," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10).

Budi menyebut, ia dan Tiko ditugaskan Presiden untuk membuat BUMN bisa membantu masyarakat lepas dari kemiskinan. Ia menilai, BUMN bisa mempunyai peran ini melalui perusahaan, semisal PT Perkebunan Nusantara dan Perhutani. Tiko menyatakan akan membuat BUMN ke depan semakin kompetitif dan besar.