Lolos seleksi, pendaftar segera tempati rumah DP 0 Rupiah

Serah terima unit Rusunami Klapa Village akan dilakukan pertengahan Agustus.

Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah susun hunian DP 0 Rupiah di Klapa Village, Jakarta, Selasa (25/6)./ Antara Foto

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyelesaikan proses verifikasi calon pembeli program rumah DP Nol Rupiah. Sebanyak 75,88% para pendaftar telah lolos seleksi.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Pemprov DKI Jakarta mencatat, terdapat 1.790 dari total 2.359 pendaftar yang lolos seleksi program rumah DP Nol Rupiah di rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village, Jakarta Timur. 

"Pada November 2018, ada 2.359 pendaftar. Setelah melalui proses seleksi dan verifikasi dokumen oleh Pemprov DKI, terdapat 1.790 orang yang memenuhi kriteria, yang akan diproses untuk tahap selanjutnya," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta, Kelik lndriyanto di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7).

Program rumah DP 0 Rupiah ini diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memenuhi persyaratan. Hanya calon pembeli yang memenuhi syarat yang dapat menerima program ini.

Rumah DP 0 Rupiah yang menjadi program unggulan Gubernur Anies Baswedan, saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno, di masa kampanye Pilgub DKI, ditujukan untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. Dengan begitu, kebutuhan warga Ibu Kota untuk memiliki tempat tinggal yang layak dapat terpenuhi.