Menag Yaqut: Bom bunuh diri bertentangan dengan nilai kemanusiaan

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi bom bunuh diri yang mengakibatkan jatuhnya korban luka bahkan meninggal dunia.

Ilustrasi bom bunuh diri. Freepik

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada Rabu (7/12) pagi.

Yaqut mengatakan, peristiwa itu merugikan banyak pihak, apalagi mengakibatkan puluhan korban luka-luka dan dua orang meninggal dunia. Diketahui, pelaku bernama Agus Sujatno alias Agus Muslim, seorang eks narapidana kasus terorisme bom Cicendeu.

"Bom Astanaanyar bukti aksi kekerasan selalu rugikan banyak pihak," kata Yaqut dalam keterangannya, dikutip Kamis (8/12).

Menurut Yaqut, selain menimbulkan jatuhnya korban, aksi tersebut juga menyebabkan ketakutan di masyarakat. Hal ini bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

"Kami menyampaikan duka yang mendalam atas kejadian di Polsek Astanaanyar ini karena telah menimbulkan banyak korban, kerusakan, bahkan ketakutan. Jelas sekali aksi bom bunuh diri itu bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan," tuturnya.