Menakar di balik pertemuan ke-4 Prabowo dan Menhan AS

Prabowo menyambut kedatangan Menhan Austin di Kemhan, Jakarta, pada Senin (21/11).

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS), Lloyd Austin III (jas hitam), didampingi Menhan RI, Prabowo Subianto (kedua kiri), saat tiba di Kemhan, Jakarta, pada Senin (21/11/2022). Dokumentasi Kemhan

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS), Lloyd Austin III, bertolak ke Indonesia dan menemui Menhan RI, Prabowo Subianto, di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, pada Senin (21/11). Padahal, Prabowo bertemu Menhan China, Jenderal Wei Feng He, beberapa hari sebelumnya.

Berdasarkan catatan, sua ini menjadi pertemuan keempat bagi keduanya dalam dua tahun terakhir. Lantas, ada apa di balik pertemuan tersebut?

Dalam sesi konferensi pers usai pertemuan, Prabowo mengungkapkan, kedatangan Austin ke Kemhan dalam rangka memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara, khususnya di bidang pendidikan prajurit TNI, alat utama sistem senjata (alutsista), hingga pelatihan bersama.

"Saya menyampaikan kepuasan terhadap kerja sama kedua negara hingga saat ini. Hubungan kedua negara telah berlangsung berpuluh tahun dan berada dalam situasi yang sangat baik," kata Prabowo.

Austin menambahkan, persahabatan AS dan Indonesia di bidang pertahanan telah berlangsung dalam 70 tahun terakhir dan terus mengalami kemajuan. RI juga dinilainya menunjukkan kemampuan mempertahankan kedaulatan dan keamanan kawasan Indo-Pasifik.