Mendikbud ubah sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri

Transformasi ini sejalan dengan misi Merdeka Belajar, menghadirkan sistem pendidikan yang memprioritaskan kebutuhan peserta didik.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Dokumentasi Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan transformasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Transformasi ini diklaim sejalan dengan misi Merdeka Belajar, menghadirkan sistem pendidikan yang memprioritaskan kebutuhan peserta didik dan menjunjung tinggi keadilan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengatakan, ada 3 transformasi seleksi masuk PTN.

"Pertama, seleksi nasional berdasarkan prestasi, kemudian seleksi nasional berdasarkan tes, dan yang ketiga, adalah seleksi secara mandiri oleh PTN,” kata Nadiem saat peluncuran "Merdeka Belajar Episode ke-22", Rabu (7/9).

Nadiem mengungkapkan, arah baru transformasi seleksi masuk PTN dilakukan melalui 5 prinsip perubahan. Yakni, mendorong pembelajaran yang menyeluruh dan lebih berfokus pada kemampuan penalaran.

Kemudian, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik; lebih transparan; serta lebih terintegrasi dengan mencakup program sarjana, diploma tiga, dan diploma empat/sarjana terapan.