Menkominfo tambahkan dukungan backbone, 5G experience, dan spektrum frekuensi di MotoGP Mandalika

Johnny menyebutkan, untuk jaringan backbone, Kementerian Kominfo bersama mitra kerja menyediakan empat lapisan sekaligus.

Ilustrasi Sirkuit Mandalika. Foto Dok. Diskominfotik NTB

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, Kementerian Kominfo berikhtiar menyukseskan pagelaran balapan MotoGP Mandalika melalui dukungan infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) yang memadai. 

Menkominfo Johnny G. Plate, ketika mengunjungi Media Center Kominfo di Mandalika, Minggu (20/03) mengatakan bahwa pihaknya telah menambah dukungan berupa jaringan tulang punggung atau backbone, 5G experience hingga spektrum frekuensi.

Johnny menyebutkan, untuk jaringan tulang punggung (backbone), Kementerian Kominfo bersama mitra kerja menyediakan empat lapisan sekaligus.

“Saat ini dari jaringan telekomunikasinya, operator jaringan tulang punggung dan operator telekomunikasi selular sudah menyiapkan empat lapis jaringan tulang punggung, di antaranya mencakup jaringan tulang punggung utama dan tiga jaringan hot backup standby. Mudah-mudahan dengan itu nanti pengiriman data berjalan dengan lancar,” tutur Johnny.

Untuk kebutuhan komunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi untuk operator seluler. Menurut Menkominfo, tambahan perangkat radio monitoring dari Balai Monitoring Kominfo yang saat ini digunakan untuk mengawal MotoGP Mandalika.