Jaga daya saing, Menkop UKM dorong pelaku UMKM bangun brand bersama

Industri kreatif di Bandung didorong melakukan konsolidasi dalam satu payung brand bersama.

Sejumlah perajin rotan menyelesaikan pesanan di sentra kerajinan rotan di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (30/4).Foto Antara/FB Anggoro/nz.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan pelaku UMKM harus mulai masuk ke produk-produk inovasi berbasis teknologi. Hal tersebut agar memiliki daya saing dalam bisnis.

Hal itu disampaikan saat berdiskusi dengan Komunitas Kuliner Bandung, Jawa Barat (Jabar) di Orbital Dago, Kota Bandung, beberapa waktu lalu Dalam kesempatan itu Menkop UKM didampingi Staf Khusus (Stafsus Presiden) Putri Tanjung.

"Era digital ini dengan pasar terbuka lebar, kita harus siap bersaing dalam arti unggul produknya dan meningkat kapasitas usaha agar sanggup memenuhi permintaan pasar," kata Teten dikuti dari laman setkab.go.id.

Karena itu, dia mendorong, industri kreatif Bandung melakukan konsolidasi dalam satu payung brand bersama. "Kalau bergabung dalam satu brand bersama akan memiliki kekuatan lebih dalam bersaing. Ketimbang jalan sendiri-sendiri dengan brand kecil," ujarnya.

Lalu, Menkop UKM mencontohkan, di Payakumbuh, Sumatra Barat, terdapat Dapur Bersama (Rumah Produksi Bersama) dalam memproduksi rendang yang merupakan makanan khas Sumatra Barat.