Nadiem: Bantuan kuota internet meringankan beban ekonomi

Bantuan kuota internet direalisasikan 11 Maret 2021. Anggaran yang dipersiapkan Rp2,6 triliun untuk tiga bulan kedepan.

foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat melakukan konferensi Dana BOS 2020. Dok. Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meneruskan kebijakan bantuan kuota internet selama tiga bulan. Program tersebut akan dimulai 11 Maret 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem menjelaskan, dari berbagai survei yang telah dilakukan pihak independen dinilai bantuan kuota belajar adalah langkah tepat untuk menjawab krisis.
 
"Hasil survei tersebut juga menunjukkan 85,6% menilai program ini meringankan beban ekonomi orang tua dan siswa di masa pandemi," terangnya dalam Dialog Produktif bertema Mendedar Kuota Belajar yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan FMB9ID_IKP, Rabu (3/3). 

Dengan adanya bantuan ini, dari segala masukan yang ada kuota internet bisa lebih fleksibel untuk penggunaannya.

"Jadi, kami memutuskan untuk bantuan tiga bulan ke depan ini, membuka paket yang sebelumnya dibatasi hanya kuota belajar menjadi paket kuota umum, tapi yang akan dibatasi adalah hal-hal seperti media sosial, facebook, instagram, tik tok, dan game tentu kami batasi," bebernya.

Tak hanya itu, bantuan ini akan segera direalisasikan 11 Maret 2021. Anggaran yang dipersiapkan untuk bantuan kuota internet Rp2,6 triliun untuk tiga bulan kedepan.