One way tol Trans Jawa arah Jakarta kembali diperpanjang 

One way diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan KM 72 Cikampek.

Ilustrasi-Pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas satu arah di jalan tol. Foto: ntmcpolri.info

Jasa Marga mencatat peningkatan total volume lalu lintas kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek. Pada H+1 hingga H+2 Lebaran atau 24-25 April 2023, sebanyak 487.986 kendaraan masuk wilayah Jabotabek atau meningkat 88,9%.

Distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek didominasi dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), yakni sebanyak 290.755 kendaraan. Oleh karenanya, rekayasa lalu lintas di ruas tol arah Jakarta masih diberlakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

"Rekayasa lalu lintas one way yang dijadwalkan selesai pada Rabu (26/4) pukul 24.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi kepolisian," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, melalui keterangan resmi, Kamis (27/4).

Disampaikan Lisye, perpanjangan one way itu didasarkan atas sejumlah pertimbangan. Antara lain data volume lalu lintas kendaraan menuju Jakarta yang meningkat signifikan, pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas.

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan berakhir pada Kamis, 27 April 2023, pukul 24.00 WIB," ujar dia.