Pangdam dan kapolda diminta kawal kepulangan TKI

Ada lima provinsi bakal kedatangan pekerja migran Indonesia terbanyak.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19, Letjen TNI Doni Monardo, saat memberikan keterangan pers/Foto BNPB

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan ada lima provinsi yang bakal kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI) terbanyak, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatra Utara.

Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata dia, pangdam dan kapolda setempat diperintahkan mengawal kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri tersebut. “(Mereka harus) berada dalam satu komando, sehingga memudahkan kita untuk melakukan kontrol terhadap semua pekerja migran yang kembali ke Tanah Air,” ujar Doni dalam konferensi pers virtual, Senin (5/3).

Pangdam dan Kapolda setempat, kata Doni, juga diminta dapat mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang ada di daerah, seperti Imigrasi, BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia), Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Kelautan, hingga Bea Cukai.

Doni mengingatkan agar Pangdam dan Kapolda setempat mencegah pelanggaran yang dilakukan oknum di berbagai titik keberangkatan PMI menuju lokasi tujuan, seperti bandara atau pelabuhan laut.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, untuk sementara waktu pemerintah telah menangguhkan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Selain itu, pemerintah juga menolak masuknya warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India.