Pascatsunami, ribuan warga Pulau Sebesi dievakuasi

Tiga kapal feri dikirim ke Pulau Sebesi. Adapun kapal pertama tiba sekitar pukul 12.00 WIB.

Warga korban tsunami dari Pulau Sebesi dan Sebuku Lampung Selatan tiba di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Rabu (26/12)./AntaraFoto

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan tempat penampungan ribuan warga Pulau Sebesi yang dievakuasi pascabencana tsunami Selat Sunda yang tiba Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu siang.

"Ribuan warga yang dievakuasi dari Pulau Sebesi di Selat Sunda, dekat dengan gugusan pulau kawasan Gunung Anak Krakatau, telah tiba di Pelabuhan Bakauheni," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan kata I Ketut Sukerta, dihubungi lewat telepon.

Mengenai jumlah warga yang sudah dievakuasi dari Pulau Sebesi, dia menyatakan belum mengetahui berapa persisnya namun jumlahnya diyakini mencapai ribuan orang.

Terkait penanganan, warga yang sudah diungsikan itu bila ingin beristirahat, akan dibawa ke lokasi penampungan yang telah disiapkan.

"Setelah turun kalau mau ke selter kami bawa ke selter atau tempat pengungsian, kalau belum makan kami beri makanan, kalau mau istirahat kami sediakan tempat beristirahat dan kami sediakan tikar," katanya lagi.