Kemenhub bakal operasikan Pelabuhan Ciwandan pada masa mudik Lebaran 2023

Hendro menyebut, pihaknya bakal menyiapkan 12 unit kapal reguler di Pelabuhan Ciwandan yang melayani rute mudik dari lintas Merak-Bakauheni.

Pelabuhan Ciwandan. ilustrasi. Portstransfer

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan, Banten pada masa mudik lebaran 2023. Hal ini dilakukan guna mengurai kepadatan volume kendaraan maupun penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Panjang di Lampung.

Dirjen Hubdat Kemenhub, Hendro Sugiatno, mengatakan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan ini didasarkan atas prediksi meningkatnya pemudik tahun ini. Menurutnya, perlu ada langkah-langkah perbaikan untuk mengantisipasi arus mudik pada periode lebaran tahun ini.

"Salah satu upaya mengantisipasi itu, nanti khusus penyeberangan kita akan menggunakan Pelabuhan Ciwandan. Itu pelabuhan yang digunakan bersama-sama saat pelaksanaan arus mudik," kata Hendro dalam telekonferensi pers, Senin (13/3).

Hendro menyebut, pihaknya bakal menyiapkan 12 unit kapal reguler di Pelabuhan Ciwandan yang melayani rute mudik dari lintas Merak-Bakauheni. Selain itu, disediakan juga tiga unit kapal besar milik PT Pelni dan PT ALP yang bakal beroperasi untuk arus mudik dan balik dengan rute menuju Pelabuhan Panjang.

"Dengan pembagian itu, mudah-mudahan nanti di penyeberangan dapat terbagi dengan baik," ujar dia.