Pelabuhan Merak padat, polisi pindahkan angkutan logistik ke dermaga Indah Kiat

Hingga siang tadi, wilayah itu masih mengalami kepadatan, khususnya di arah menuju Merak.

Ilustrasi suasana kepadatan di Pelabuhan Bakauheni. Dok. ANTARA

Polri melihat kondisi terkini arus lalu lintas mudik Lebaran dari arah Jakarta menuju Merak, maupun sebaliknya. Hingga siang tadi, wilayah itu masih mengalami kepadatan, khususnya di arah menuju Merak.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya bersama jajaran lain telah melakukan sejumlah strategi kebijakan lalu lintas untuk mengurai kepadatan. Di antaranya adalah, memindahkan angkutan logistik ke Dermaga Indah Kiat. 

“Sehingga kemudian kepadatan yang ada di Merak khususnya dari dermaga 1 sampai 7 yang sudah dipadati masyarakat segera bisa cair. Pengaturan rekayasa waktu termasuk juga pembagian dermaga-dermaga tersebut. Ini tadi kita dapatkan informasi saat ini antrean sudah berkurang menjadi kurang lebih 3 kilometer,"  kata Sigit saat meninjau langsung situasi terkini arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Jawa Barat, Jumat (29/4).

Sigit menyampaikan, penerapannya dilakukan dengan mempercepat waktu bongkar muat yang selama ini diterapkan. Durasi bongkar muat yang biasanya dilakukan selama 60 menit atau satu jam akan dipercepat menjadi 45 menit.

Penerapannya dilakukan pada dua dermaga yang akan melakukan pengangkutan penumpang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Harapannya, penumpukan tersebut tidak terjadi kembali dan arus para pemudik bisa lancar.