Wapres: Pemeliharaan kawasan Candi Prambanan wujud kerukunan antarumat beragama

Upaya untuk merawat peninggalan agama Hindu dan Buddha menunjukkan wujud toleransi antarumat beragama yang patut untuk dijaga.

Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin meninjau Pemugaran Kompleks Candi Prambanan, Jl. Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Sleman, DIY, Minggu pagi (11/12/2022). Foto wapresri.go.id

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama guna meningkatkan kerukunan di masyarakat. Hal ini disampaikannya saat meninjau pemugaran Kompleks Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, pada Minggu (11/12).

Menurut Ma'ruf, upaya untuk merawat peninggalan agama Hindu dan Buddha menunjukkan wujud toleransi antarumat beragama yang patut untuk dijaga.

"Sekalipun di sekitar ini semua orang (mayoritas) beragama Islam, tetapi peninggalan agama Hindu dan Buddha itu tetap dijaga, diperhatikan, bahkan dirawat dengan baik. Itu juga menunjukkan toleransi beragama di Indonesia sangat tinggi, kerukunannya juga dijaga," kata Ma'ruf dalam keterangannya, dikutip Senin (12/12).

Ma'ruf menilai, adanya pemeliharaan kawasan Candi Prambanan menunjukkan, bangsa Indonesia sudah lama memiliki kebudayaan yang tinggi. Oleh karenanya, hal ini bisa menjadi dorongan dan motivasi bagi masyarakat untuk berkarya dengan lebih baik.

Selain itu, pemeliharaan kawasan Candi Prambanan juga menjadi penanda bahwa Indonesia sudah lama mengenal peradaban dan memiliki budaya yang luhur.