Pemerintah kaji pembukaan kembali sekolah

Pembukaan kembali operasional sekolah akan dimulai dari tingkat sekolah dasar atau SD.

Siswa sekolah menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan sekolah untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus di Tangerang, Banten, Rabu ( 04/03/20). Foto Antara/Fauzan.

Pemerintah tengah mengkaji opsi pembukaan kembali fasilitas publik terdampak pandemi Covid-19, seperti sekolah. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, wacana tersebut muncul akibat adanya tren perlambatan penyebaran Covid-19.

"Kalau data ini semua bagus, (dalam waktu) dekat aja mungkin sebagian terbuka," ujar Luhut dalam bincang-bincang bersama Radio RRI, Sabtu (2/5).

Pembukaan kembali operasional sekolah akan dimulai dari tingkat sekolah dasar atau SD. Menurut Luhut, hal ini atas pertimbangan hampir tidak ada anak SD yang terpapar Covid-19.

"Setelah itu mungkin nanti berlanjut dengan pembukaan kembali SMP, SMA, dan seterusnya. Semua kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut," katanya.

Selain itu, pemerintah juga tengah mengkaji untuk membuka kembali operasional fasilitas publik lain, seperti Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Luhut berharap, pengoperasian kembali tempat hiburan membuat masyarakat tidak stres karena terus menerus berada di rumah.