Pemetaan ASN yang pindah ke IKN dimulai 2022

BKN mendapatkan mandat untuk melaksanakan asesmen ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke tempat lain bukan hal yang baru. Alinea.id/Dwi Setiawan

Pemerintah memulai proses asesmen aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara atau IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Proses asesmen dimulai 2022 ini.

"Orang-orangnya semua sekarang lagi di-assess, ya bagaimana, siapa saja," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, disitat dari laman setkab, Rabu (13/7).

Pemindahan ASN akan dilakukan secara bertahap. "Tidak langsung seketika (pindah semua) seperti itu. Yang penting kan penetapan bahwa IKN kemudian bisa berfungsi menjadi ibu kota negara itu mudah-mudahan bisa kita pastikan pada 2024," ujar dia.

Sementara Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama, menyampaikan bahwa BKN mendapatkan mandat untuk melaksanakan asesmen ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

Penilaian potensi dan kompetensi (talent mapping) ini, akan menyasar ASN di sejumlah instansi pemerintah pusat, yakni ASN kementerian/lembaga yang bertugas dan berkantor di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan sekitarnya.