Peminat CPNS di kementerian dan daerah ini masih minim

Ternyata masih banyak instansi/kementerian yang minim peminat.

Sejumlah pencari kerja mendaftar rekrutmen CPNS di stan Pemprov DKI Jakarta pada "UI Career & Scholarship Expo 2018" di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/9)./AntaraFoto

Badan Kepegawaian Negara menyampaikan jumlah akun pelamar yang telah terdaftar di website SSCN sebanyak 3.399.744 orang.

“Instansi yang telah menampilkan formasi sebesar 93%. Pelamar yang telah memilih instansi sebanyak 1.807.097 orang dan pelamar yang telah selesai melakukan pendaftaran sebanyak 1.182.488 orang. Sementara itu, pelamar yang telah diverifikasi oleh instansi sebanyak 349.067 orang,” ujar Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan (Humas), Mohamad Ridwan, dalam keterangan tertulisnya. 

Kendati jumlah pelamar sudah cukup banyak. Tetapi ternyata masih banyak instansi/kementerian yang minim peminat. 

Lima instansi pusat yang masih minim peminat, di antaranya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, yakni, 119 orang. Badan Koordinasi Penanaman Modal, yakni, 162 orang. Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial, yakni,165 orang. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, yakni, 189 orang. Setjen Watannas, yakni. 193 orang.

“Untuk urutan tiga terendah pelamar wilayah kerja Kantor Regional BKN Yogyakarta yaitu, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, baru 641 orang. Pemerintah Kota Magelang, baru 774 orang. Pemerintah Kabupaten Wonosobo, baru 994 orang,” ujarnya.