Percepat penanganan Covid-19, Pemprov Banten gelar rapid dan swab test gratis

Pemprov Banten, menyiapkan dana sebesar Rp25,993 miliar untuk tes massal gratis.

Gubernur Banten, Wahidin Halim (kanan) mengenakan masker saat melantik Pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Banten di Serang, Banten, Selasa (3/3). Foto Antara/Asep Fathulrahman/wsj.

Pemprov Banten menargetkan 10.000 tes cepat massal gratis dalam kurun satu bulan terakhir. Ini merupakan langkah percepatan penanganan Covid-19, di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, Banten.

Selain tes cepat massal, Pemprov Banten menargetkan 14.000 tes usap atau swab test gratis bagi masyarakat, terutama pengemudi ojek online

Tes cepat massal juga akan digelar dalam kendaraan (rapid test drive thru) selama 10 hari di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang dengan target 10.000 warga. Artinya, setiap hari ditargetkan 1.000 warga mengikuti tes. 

Tes cepat massal tersebut digelar di sekitar Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak selama lima hari kerja pada 1-7 Juli 2020 dan di depan Mesjid Agung Arrahman, Pandeglang pada 8-14 Juli 2020. 

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Ramadani mengatakan, tes cepat massal digelar demi memudahkan pemetaan dan deteksi dini Covid-19. "Masyarakat dapat mengoptimalkan layanan gratis tersebut," kata Ramadani, di Pandeglang, Banten, Rabu (8/7).