Pemudik tujuan Jawa Tengah diminta pulang lebih awal

Berdasarkan hasil survei, Jawa Tengah menjadi daerah terbesar tujuan dari para pemudik yaitu sekitar 23,5 juta

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi kesiapan Jawa Tengah dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 pada Sabtu (24/4/2022). Foto: dephub.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengingatkan warganya untuk mudik lebih awal, guna menghindari kepadatan di hari puncak.

Hal itu diungkapnya usai rapat koordinasi kesiapan Jawa Tengah dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022, Sabtu (24/4). Muhadjir memimpin rakor didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Berdasarkan hasil survei, Jawa Tengah menjadi daerah terbesar tujuan dari para pemudik yaitu sekitar 23,5 juta orang atau 28% dari total 85,5 juta orang yang diprediksi akan mudik pada tahun ini.

Muhadjir mengatakan, manajemen rekayasa lalu lintas menjadi salah satu aspek penting dalam melancarkan perjalanan mudik.

"Tadi saya sudah lihat simulasi penanganan rekayasa lalu lintas di wilayah Jawa Tengah mulai dari yang lewat jalan tol, jalur pantura maupun jalur selatan," ujar Muhadjir dalam keterangannya, Sabtu (23/4).