Menkominfo: Perempuan punya peran penting bangkitkan UMKM digital

Johnny mengatakan UMKM sebagai penyumbang produk domestik bruto (PDB) nasional berperan penting dalam pemulihan dan pemantapan ekonomi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Kominfo.go.id.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut, seiring akselerasi transformasi digital pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), peluang perempuan dalam dunia kerja sebagai wirausaha digital makin terbuka lebar. Hal itu tak lepas dari inspirasi peran dan perjuangan Raden Ajeng Kartini. 

"Berbagai capaian perempuan dalam UMKM Indonesia bukti nyata bahwa perjuangan Raden Ajeng Kartini tidak sia-sia. Apabila diselisik lagi, tidak dapat dimungkiri banyak Kartini-Kartini modern dengan inspirasi dari Raden Ajeng Kartini, figur perempuan yang telah mengisi sejarah negara ini," kata Johnny dalam keterangannya, Kamis (21/4).

Menurut Johnny, secara umum di Indonesia, perempuan memiliki fleksibilitas peran. Baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai wirausaha. Johnny menyebut, wirausaha juga menjadi solusi dan wujud dari aksi nondiskriminasi.

"Perempuan dikatakan atau dapat dikatakan sebagai pilar utama dalam pertumbuhan bisnis UMKM, termasuk ultramikro dengan kontribusi sebesar 60% dari total 58 juta UMKM di Indonesia," ujarnya.

Mengutip survei Google pada tahun 2020 berjudul Advancing Woman in Enterpreneurship, Menkominfo menyatakan tingkat partisipasi perempuan Indonesia di bidang kewirausahaan paling tinggi di Asia Tenggara. Meski demikian, wirausaha perempuan masih menghadapi tantangan berkaitan dengan jaringan bisnis dan kebutuhan peningkatan keterampilan pemasaran.