Menparekraf: Perputaran uang selama libur Lebaran di Bali capai Rp250 miliar

Perputaran uang di beberapa destinasi dan sentra ekonomi kreatif di Bali dalam periode libur Lebaran 2022 dilaporkan bisa mencapai Rp250 M.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: kemenparekraf.go.id.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut pergerakan orang saat mudik dan libur Lebaran 2022 berdampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tingginya jumlah wisatawan yang datang ke destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di berbagai daerah.

Hal ini tidak lepas dari keputusan pemerintah yang memperbolehkan mudik setelah dua tahun terhalang akibat pandemi.

"Destinasi-destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di berbagai daerah semua penuh. Dan kami mendapatkan laporan maupun beberapa pantauan yang kami lakukan langsung, bahwa jumlah wisatawan sangat besar dan ini sesuai dengan target kita," kata Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Selasa (10/5).

Beberapa destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan itu terutama di Bali. Termasuk di seputar atau sekitar jalur mudik yang mendapat limpahan kunjungan dari wisatawan lokal.

Sandiaga mengungkapkan, perputaran uang di beberapa destinasi dan sentra ekonomi kreatif di Bali dalam periode libur Lebaran 2022 dilaporkan bisa mencapai Rp250 miliar. Pemerintah sendiri memproyeksi perputaran uang di libur Lebaran sebesar Rp72 triliun secara nasional.