Pesan layanan GeNose kini bisa melalui aplikasi KAI

Pelanggan harus meng-update KAI Access ke versi 4.4.5 di Android.

Petugas melakukan pemeriksaan dokumen penumpang kereta api jurusan Gambir-Surabaya saat tiba di Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (26/5/2020)/Foto Antara/Aprillio Akbar.

Pemesanan layanan pemeriksaan GeNose C19 kini bisa melalui aplikasi KAI Access. Fitur baru pada aplikasi KAI Access itu dihadirkan PT Kereta Api Indonesia untuk memenuhi salah satu syarat menggunakan KA jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Agar dapat menggunakan fitur ini, pelanggan harus meng-update KAI Access ke versi 4.4.5 di Android dan akan segera tersedia pembaruan di versi iOS. Ketika melakukan pembelian tiket KA jarak jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access.

Kemudian, saat tiba di stasiun, calon penumpang cukup scan barcode e-tiket dari aplikasi KAI Access ke petugas pendaftaran dan akan mendapatkan kantung untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, dengan biaya Rp30.000 yang akan otomatis ditambahkan ke total pembayaran transaksi.

"Setelah sampel dianalisa oleh petugas, hasil pemeriksaan GeNose C19 akan langsung masuk ke aplikasi KAI Access pelanggan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (22/3).

Layanan pemesanan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access kini tersedia untuk pelanggan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. KAI secara bertahap akan terus menambah layanan ini untuk keberangkatan di stasiun-stasiun lainnya.