Petugas semprot disinfektan di Pasar Induk Kramat Jati

Sebanyak tiga pedagang dinyatakan tertular Covid-19.

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan disinfektan di Pasar Cipinang Besar, Jakarta Timur, Kamis (4/6/2020). Facebook/@humasjakfire

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan disinfektan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), pada Jumat (12/6). Upaya itu dilakukan setelah tiga pedagang dinyatakan positif terpapar coronavirus baru (Covid-19).

"Setelah ini kami berharap pengelola pasar melakukan penyemprotan secara mandiri. Kemudian untuk pedagang, pembeli, dan masyarakat lainnya yang beraktivitas di pasar ini, agar menjalankan protokol kesehatan," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jaktim, Kusmanto, beberapa saat lalu.

Penyemprotan dilakukan menggunakan mobil pompa berkapasitas 4.000 liter dan 2.500 liter serta enam alat semprot jenis AFT Back Pack dan empat unit jenis water spray. Kegiatan menyasar seluruh area pasar, seperti los, teras, kantor, tangga, parkir, kantor, dan masjid.

Dirinya menerangkan, kegiatan itu tindak lanjut dari pengawasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Apalagi, Pasar Induk Kramat Jati ramai setiap harinya.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaktim, Muchtar Zakaria, menambahkan, penyemprotan disinfektan tersebut merupakan kegiatan kedua yang dilakukan. Seluruhnya atas permintaan pengelola.