PLN klaim limbah batu bara FABA miliki banyak manfaat

Abu batu bara punya unsur pupuk silika, bermanfaat untuk pertanian.

Ilustrasi tambang batu bara/Alinea

Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, mengklaim, fly ash dan bottom ash (FABA) memiliki banyak manfaat. Menurutnya, abu batu bara itu punya unsur pupuk silika yang bermanfaat untuk pertanian (agriculture).

"Karena ini memperkuat akar, memperbesar batang sehingga buahnya juga lebih manis dan lebih besar lagi, makanya bagus untuk tebu," ujarnya dalam webinar yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (22/3).

Darmawan mengklaim, banyak pelaku UMKM yang datang ke PLN karena ingin memanfaatkan FABA. Akan tetapi, terkendala karena saat itu FABA masuk kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Dia menyebutkan, potensi peningkatan pendapatan pemanfaatan FABA untuk UMKM sekitar setengah juta rupiah per pekerja. Bila ditotal, peningkatannya bisa mencapai Rp4,1 triliun per tahun dari potensi FABA yang ada saat ini.

"Kemudian juga kalau ada usaha yang sudah berjalan dan mereka bisa mengurangi semennya dan digantikan dengan FABA ini, juga potensi pengurangan biaya bahan baku sekitar 14% dan meningkatkan laba UMKM ini sekitar 13%," ujarnya.