PLN pulihkan aliran listrik pascabanjir Serang

PLN tetap menyiagakan personel untuk menjaga keselamatan warga meski banjir telah surut.

Ilustrasi perbaikan jaringan listrik oleh petugas PLN. Foto Antara/Korneli Kaha

PT PLN (Persero) berhasil memulihkan aliran listrik seluruh warga yang terdampak banjir di wilayah Serang dan sekitarnya, Banten, pada Kamis (3/3).

General Manager PLN UID Banten, Sandika Aflianto, mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan personel untuk menjaga keselamatan warga meski banjir telah surut.

"Alhamdulillah pada pukul 14.10 WIB, banjir telah surut dan permukiman warga beserta gardu sudah tidak tergenang. Sekitar 222 gardu terdampak seluruhnya telah kami cek dan bersihkan sehingga listrik 33.481 pelanggan dapat kita nyalakan kembali," paparnya dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (4/3).

Lokasi yang penuh genangan air menjadi tantangan bagi PLN dalam melakukan proses penormalan. Jika kondisi belum dipastikan aman, petugas tidak bisa menormalkan listrik di lokasi karena kondisi membahayakan keselamatan masyarakat dan dapat mengakibatkan arus hubungan singkat. 

Sandika pun mengimbau masyarakat agar memastikan semua instalasi listrik dan peralatan elektronik yang kering dan aman sebelum dinyalakan untuk menghindari korsleting listrik.