Polda NTB antisipasi kemacetan di puncak MotoGP Mandalika

Kebanyakan penonton berada datang dari luar Lombok dengan menggunakan pesawat terbang dan juga lewat jalur laut.

Sirkuit Mandalika. Foto Wikipedia

Polisi memperkirakan pada puncak balapan MotoGP Mandalika akan ada 65 ribu hingga 100 ribu penonton yang hadir. Mereka akan menggunakan kendaraan pribadi menuju parkir di Parkir Timur dan Parkir Barat. 

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan, padahal pihak panitia sudah menambah lokasi penukaran tiket di bekas Bandara Selaparang, Kota Mataram dan eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM. Kedua lokasi tersebut untuk mempermudah warga Lombok dan sekitarnya dengan shuttle bus dari dua lokasi tersebut pada 18-20 Maret, sementara untuk penukaran tiket hanya berlangsung pada 15-17 Maret. 

"Pihak kepolisian harus bekerja keras untuk mengurai kemacetan pada puncak balapan MotoGP pada Minggu (20/3) pekan depan. Kemungkinan besar akan terjadi kerumunan penonton untuk menukarkan tiket pada hari itu," kata Artanto dalam keterangan, Minggu (13/3). 

Mayoritas penonton berada datang dari luar Lombok dengan menggunakan pesawat terbang dan juga lewat jalur laut dari Pelabuhan Padang Bai, Bali menuju Pelabuhan Lember, NTB. Sehingga mereka nanti akan langsung ke Parkir Timur dan Parkir Barat untuk menukarkan tiket. 

Poldan NTB, kata Artanto, sudah meminta ada penambahan lokasi tiket untuk di eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang dan juga di Pelabuhan Lembar. Untuk mengurai kerumunan orang pada saat penukaran tiket pada Hari H.