Polisi pastikan kilang Pertamina yang terbakar tidak ganggu warga

Secara jarak, lokasi kilang-kilang itu juga tidak dekat dengan pemukiman warga.

Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto. Foto tribratanews.polri.go.id

Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) memastikan, situasi pascakebakaran kilang minyak milik Pertamina di Balikpapan terkendali. Penyelidikan untuk membuat terang perkara ini juga masih berlanjut.

Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto mengatakan, pihaknya tidak memberikan pengamanan khusus karena pengamanan tersebut sudah dilakukan oleh pihak Pertamina, mengingat tempat tersebut adalah objek vital. Secara jarak, lokasi kilang-kilang itu juga tidak dekat dengan pemukiman warga.

"Situasi terkendali. Ini tidak ada hal khusus karena proyek ini adalah obyek vital dan memiliki standar pengamanan khusus dan jauh dari pemukiman," kata Imam kepada Alinea.id, Senin (16/5).

Imam menyatakan, pihaknya akan mengambil sejumlah langkah dengan identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Identifikasi akan dilakukan oleh Tim Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) dari Surabaya serta bergabung dengan mitra dari Pertamina.

Sejauh ini kronologi kejadian tersebut belum dapat dibeberkan dengan jelas. Lantaran, masih belum diketahui secara pasti awal mula peristiwa itu berlangsung.