Posisi 12 wakil menteri Kabinet Indonesia Maju

Para wakil menteri akan memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian di Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memperkenalkan calon-calon wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sebelum acara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo melantik 12 orang tokoh menjadi wakil menteri, untuk memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian di Kabinet Indonesia Maju. Pagi hari sebelum pelantikan, ke-12 orang tersebut telah bertemu dengan Presiden di Istana Merdeka.

Pelantikan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Pelantikan dihadiri para menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Dalam prosesi pelantikan, para wakil menteri mengucapkan sumpah yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Sebelum prosesi pelantikan, Presiden Jokowi telah memanggil para calon wakil menteri ke Istana Merdeka. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai pengusaha, politikus, diplomat, hingga relawan pendukung Jokowi.

Mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Wahyu Sakti Trenggono, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto. Wahyu yang merupakan pemilik PT Solusindo Kreasi Pratama dan PT Tower Bersama Infrastruktur, penyedia menara telekomunikasi terbesar di Indonesia, akan fokus pada pengembangan industri pertahanan.