Presiden lantik Syamsuar-Edy jadi Gubernur dan Wagub Riau

Pelantikan dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) berjabat tangan dengan Gubernur Riau yang baru dilantik Syamsuar (kiri) dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution (ketiga kiri) di Istana Negara, Jakarta (20/2)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo melantik pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024, Syamsuar dan Edy Natar Nasution. Pelantikan berlangsung di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/2).

Presiden Jokowi menyumpah Syamsuar dan Edy berdasarkan agama Islam. Pelantikan dilakukan berdasarkan Keppres Nomor 20/P Tahun 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024. 

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi diikuti Syamsuar-Edy.

Syamsuar dan Edy merupakan pemenang pada Pilgub Riau 2018. Syamsuar menggantikan Gubernur Riau sebelumnya, Wan Thamrin Hasyim. 

Wan Thamrin menempati posisi Gubernur Riau sejak September 2018, setelah Gubernur Riau periode 2014-2019 Arsyadjuliandi Rahman mengundurkan diri untuk mengikuti Pilgub Riau 2018.