Puluhan ribu buruh bakal goyang Jakarta

Selain dari Jakarta, May Day 2019 di ibu kota juga bakal dirayakan buruh dari Jabar dan Banten.

Sejumlah buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumut (APBD-SU) berunjuk rasa dengan memakai kain

Sekitar 50 ribu buruh diprediksi bakal berkumpul di Senayan, Jakarta, Senin (1/5) besok. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, kelompok buruh yang bakal menggelar aksi unjuk rasa di Senayan berasal dari tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

"Sampai tadi pagi, terkonfirmasi 50 ribu orang yang akan datang. Dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Serang, Banten dan Cilegon," kata Said kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/4).

Berbeda dengan peringatan hari buruh tahun-tahun sebelumnya, Said mengatakan, tidak akan ada aksi long march pada May Day kali ini. Khusus di Jakarta, aksi unjuk rasa akan dipusatkan di Tennis Indoor Senayan. 

"Di provinsi-provinsi lain dilaksanakan di depan kantor gubernur masing-masing. Sudah terkonfirmasi aksi akan dilakukan di Surabaya, Batam, Lampung, Medan, Aceh, Makassar dan beberapa daerah lain," katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) regional Tangerang, Ahmad, mengaku akan mengerahkan ribuan buruh ke Jakarta untuk memperingati May Day. Berbeda dengan KSPI, KASBI bakal memusatkan aksinya di dekat Istana Negara.