Menko PMK: Puncak arus mudik sudah terjadi, sekarang cenderung landai

Namun demikian, pihak-pihak terkait akan terus memantau kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di lapangan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Posko Command Center Korlantas Polri KM 29, Rest Area KM 57A. Foto: istimewa

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy  menyampaikan, secara umum arus lalu lintas mudik berjalan dengan lancar dan tidak ditemui insiden atau kecelakaan fatal yang terjadi. 

Selain itu, penumpukan arus mudik di beberapa titik yang terjadi pada tahun lalu sudah dapat diatasi dengan memberikan penambahan fasilitas dan tata kelola yang lebih cermat oleh jajaran terkait. Meski sempat ditemui peningkatan arus kendaraan, Muhadjir mengatakan bahwa volume kendaraan sudah mulai melandai.

“Arus mudik mengalami kenaikan yang cukup besar dari semula 135.000 sekarang menjadi 163.000. Diperkirakan puncak arus mudik sudah terjadi dan sekarang ada kecenderungan melandai,” ujar Muhadjir dalam keterangan resminya, Jumat (21/4).

Namun demikian, Muhadjir menyampaikan bahwa pemberlakukan satu jalur atau one way masih akan tetap diberlakukan untuk jurusan ke arah Kalikangkung. Pihak-pihak terkait akan terus memantau kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di lapangan. Pengaturan ulang arus lalu lintas akan dilakukan jika semua kondisinya sudah memungkinkan.

“Mudah-mudahan sudah bisa dibuka untuk perjalanan normal sehingga mereka-mereka yang agak terhambat, agak tergangu akibat kebijakan one way maupun kontra flow bisa menikmati lebaran tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu di dalam perjalanan,” imbuh Muhadjir.