Ratusan peserta Ijtima Dunia masih berada di penampungan

Penjagaan hingga bandara dilakukan untuk memastikan kepulangan peserta Ijtima Dunia Zona Asia.

Sejumlah peserta Ijtima Ulama Asia berjalan ke lokasi perkemahan di Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (19/3/2020). Foto Antara/Abriawan Abhe

Ratusan peserta Ijtima Dunia Zona Asia masih belum kembali ke daerah asal. Mereka berada di penampungan sambil menunggu jadwal keberangkatan menuju wilayah asal masing-masing.

Peserta asal dalam negeri berada di Asrama Haji Makassar yang dijadikan tempat penampungan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, mereka menunggu jadwal kepulangan karena telah membeli tiket pulang sejak awal.

"Sementara ini masih didata lagi, namun yang tersisa diperkirakan masih 350-an," ujar Tompo saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat (20/3).

Menurutnya, aparat TNI dan Polri melakukan pengamanan di lokasi karantina tersebut untuk mencegah mereka berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Pengamanan yang dilakukan juga diterapkan hingga ke bandara, untuk memastikan para peserta pulang tanpa berinteraksi dengan masyarakat.

"Di bandara juga ada pengamanan agar memastikan tidak ada hambatan kepulangan mereka," katanya.