Rekomendasi 5 aplikasi pembukuan usaha besar ataupun UMKM

Strategi keuangan yang tersusun dan pembukuan yang rapi mencegah perusahaan gulung tikar.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Kita tentunya sering mendengar atau membaca kisah-kisah sukses seorang pengusaha. Dari cerita-cerita itu pasti di antara kita ingin juga mengikuti jejak sukses dari salah satu tokoh pengusaha tersebut. Dengan modal yang tidak cukup banyak, banyak seseorang yang kini sudah bisa meraup omzet sampai ratusan juta.

Tentunya ini mengugah banyak orang untuk mulai menjajal dunia bisnis tersebut. Hal itu memang mudah kalau dibayangkan saja, namun nyatanya selalu ada cerita jatuh bangun yang dialami oleh para pengusaha sukses untuk dapat mencapai era kejayaan.

Mereka yang sudah sukses tidak luput dari masalah-masalah seperti modal, SDM, produksi dan yang paling krusial adalah masalah alur kas. Karena tidak ada strategi keuangan maka banyak di antara pengusaha yang terpaksa harus gulung tikar. Itu sebabnya menjadi masalah yang sangat krusial. Bagaimana pengusaha dapat mengatasi hal ini? Tentunya dengan strategi keuangan yang sudah tersusun dan pembukuan yang rapi.

Alasan mengapa laporan keuangan sangat penting

Pada dasarnya pembukuan tujuannya adalah untuk mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan kita dapat mamantau perkembangan progress fisik dan keuangan usaha, mengetahui perbandingan antara rencana kegiatan dan pelaksanaannya dan menyusun pelaporan yang diperlukan sebagai pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran yang disediakan untuk keperluan informasi management dalam proses pemantauan, evaluasi, pengendalian dan penyusunan anggaran yang akan datang. Selain itu, memabantu Anda untuk mengetahui untung dan rugi perbulannya bahkan pertahunnya.