Romo Benny berharap suasana kondusif jelang Natal

Romo Benny meminta para pejabat memberikan pembinaan dan pengertian kepada masyarakat untuk menciptakan sikap saling menghargai.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo. Foto BPIP

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo, mengimbau semua pihak turut berperan menciptakan suasana kondusif menjelang Hari Raya Natal 2022. Hal itu disampaikan Romo Benny, sapaan akrabnya, merespons Bupati Lebak Octavia Jayabaya, yang meminta warga di Kecamatan Maja, Lebak, Banten, menjalankan ibadat Natal di kawasan Rangkasbitung karena di Lebak belum ada gereja.

Pernyataan Octavi itu menuai kontroversi karena Pemkab Lebak dianggap tidak memfasilitasi umat Kristen untuk beribadat dan merayakan Natal dengan mudah.

"Harus ada pembinaan kepada warga dalam menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati, dan saling percaya di antara umat beragama," kata Benny Susetyo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (20/12).

Romo Benny meminta para pejabat juga memberikan pembinaan dan pengertian kepada masyarakat untuk menciptakan sikap saling menghargai dan saling menghormati sesama umat beragama sesuai konstitusi.

"Karena negara Indonesia memberikan jaminan kepada setiap warga negara untuk menjalankan agama sesuai dengan keyakinan," ujarnya.