Sambut arus balik, Menteri Budi Karya cek kapal di Muara Angke

Pada masa musim mudik, terdapat kenaikan jumlah penumpang sebesar 300% dibandingkan hari biasanya

Sambut arus balik, Kemenhub cek kapal di Muara Angke. Foto Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali meninjau Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Fokusnya untuk menekankan aspek kelaikan kapal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dari hasil ramp check yang telah dilakukan terhadap kapal-kapal di Pelabuhan Muara Angke, terdapat sejumlah kapal yang dinyatakan tidak laik. Sementara arus balik dalam beberapa waktu ke depan akan bergulir.

“Dari 31 kapal, sebanyak 23 kapal di Muara Angke dinyatakan memenuhi syarat keselamatan dan dapat beroperasi,” jelas Budi Karya Sumadi, Selasa (3/5).

Budi mengimbau para pemilik kapal untuk melengkapi syarat-syarat perjalanan dan Surat Perintah Berlayar atau SPB. Ia juga mengingatkan sejumlah hal terkait keselamatan yakni: jangan sampai ada kapal yang kelebihan muatan yang dapat membahayakan keselamatan, membatasi kecepatan sesuai aturan, dan selalu memperhatikan kondisi cuaca.

“Saya minta petugas dapat melayani masyarakat dengan sopan, ramah, namun tetap tegas. Kita jaga agar tetap berkeselamatan. Mudik aman dan mudik sehat harus dilaksanakan," jelasnya.