Sebelum mudik, cek bensin dan uang di kartu tol

Ruas tol Jakarta-Surabaya sepanjang 759 kilometer bisa dipergunakan pemudik

pembangunan jalan tol Batang Semarang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat(18/5). Tol Trans Jawa sepanjang sekitar 85 kilometer yang terdapat jalur fungsional yaitu Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo itu nantinya dapat digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018./AntaraFoto

Para pemudik, khususnya yang akan melalui ruas tol seperti rangkaian tol Jakarta-Surabaya diharapkan bisa memeriksa kesiapan bahan bakar bensin serta memadainya jumlah uang dalam kartu tol yang digunakan.

"Untuk melintasi ruas tol ketika mudik, harap bensin dan uang kartu tol dipersiapkan," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BJPT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna ketika meninjau kesiapan ruas tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah seperti dilansir Antara, Sabtu (26/5).

Kepala BJPT menyertai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan ruas tol fungsional antara Brebes Timur hingga Semarang, Jawa Tengah, yang direncanakan sudah bisa dilalui pemudik pada arus mudik Lebaran 2018.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, ruas tol Jakarta-Surabaya adalah sepanjang 759 kilometer, yang kondisinya untuk persiapan jalur mudik 2018 adalah operasional 524 km dan fungsional 235 km.

Untuk ruas tol Jakarta-Surabaya yang statusnya adalah fungsional (belum sepenuhnya operasional) adalah Pemalang - Batang (39 km), Batang - Semarang (74 km), Semarang - Solo (32 km), Sragen - Ngawi (55 km), dan Wilangan - Kertosono (37 km).