Sejumlah wilayah Aceh terendam banjir, ribuan warga mengungsi

Pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

warga terdampak di sejumlah kecamatan di Pidie mencapai 6.776 KK atau 17.628 warga. Foto BNPB

Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh sebelah utara dilanda banjir pada akhir minggu pertama Januari 2023. Genangan tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur beberapa kabupaten, seperti Aceh Timur, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen. Banjir masih berlangsung hingga Minggu (22/1).  

Banjir mulai merendam beberapa daerah di Kabupaten Aceh Timur pada Sabtu (21/1), pukul 7.00 waktu setempat. Hujan deras yang terjadi sejak Jumat  (20/1) menyebabkan debit air Sungai Simpang Jernih meluap. Dua desa atau gampong, yaitu Desa Pante Kera dan Rantau Pajang, di Kecamatan Simpang Jernih terendam banjir. 

Sebanyak 104 KK terdampak dan 5 KK mengungsi saat banjir dengan tinggi muka air 40-80 cm menggenangi rumah warga. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan potensi adanya peningkatan tinggi muka air. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat dan kesiapsiagaan untuk evakuasi warga," Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari. 

Banjir Pidie dan Pidie Jaya