Siti Fadilah minta DKR dampingi orang dengan komorbid

Orang-orang dengan komorbid termasuk kelompok paling rentan dengan Covid-19. Apalagi, beberapa di antaranya dilarang menerima vaksin.

Mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, saat mengikuti Konferensi Nasional DKR secara virtual, Jumat (20/8/2021). Dokumentasi DKR

Mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, meminta kader dan relawan Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) fokus menjaga keselamatan orang-orang dengan komorbid. Pangkalnya, paling rentan terhadap Covid-19.

"Orang dengan komorbid paling rentan terhadap virus Covid-19 yang sedang mewabah saat ini," ucapnya dalam Konferensi Nasional DKR bertemakan "Pandemi dan Bioterorisme" via Zoom, Jumat (20/8).

Selain itu, sambung Ketua Dewan Pembina DKR itu, banyak orang dengan komorbid tidak boleh divaksin.

"Keluarga dan masyarakat disekitar kita harus diberitahu informasi ini agar tidak mengalami risiko karena vaksinasi. Kita harus tetap patuhi peringatan dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) ini," paparnya.

Siti Fadilah juga menegaskan, dirinya tidak menolak vaksinasi, tetapi rakyat berhak tahu dan memilih vaksin yang aman. Yang terpenting, memeriksa diri kepada vaksinator sebelum divaksin.