Kapolda Papua pastikan situasi aman usai penangkapan Bupati Membramo Tengah

Kapolda Papua pastikan tak perlu peningkatan keamanan usai penangkapan Bupati Membramo Tengah.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. Dok:Alinea.id/Immanuel Christian

Kepolisian Daerah (Polda) Papua memastikan situasi di Bumi Cendrawasih, khususnya di Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah hingga saat ini masih berjalan kondusif. Hal ini mengingat bupati non-aktif Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak ditangkap oleh KPK.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, situasi yang ada tidak perlu penerapan peningkatan keamanan. Ia berharap ini terus berjalan hingga proses Penyidikan KPK terhadap RHP dinyatakan selesai.

“RHP hari ini telah diberangkatkan bersama KPK RI menuju Jakarta pagi tadi sekitar pukul 08.43 WIT dalam rangka pemeriksaan lanjutan atas kasus yang melibatkan Bupati Mamberamo Tengah Non Aktif itu,” katanya dalam keterangan, Senin (20/2).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, penangkapan dilakukan bersama Jatanras Polda Papua dan Timsus Polres Jayapura.

Penangkapan terhadap Ricky dilakukan pada hari Minggu (19/2), sekitar pukul 16.45 WIT di BTN Marwa Jalur III Jl. Kehiran, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.