Sudah tahu kekuatan KKB, Polisi sebut ulang tahun OPM aman

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat ini cenderung berada di wilayah dengan penduduk sedikit.

Anggota Organisasi Papua Merdeka mengibarkan bendera OPM. Foto: indonesiaatmelbourne.unimelb.edu.au

Pihak kepolisian memastikan kondisi Papua pada perayaan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember mendatang bakal aman. Polisi menyebut sudah mengetahui jumlah kekuatan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB, yang akhir-akhir ini kerap melakukan serangkaian aksi teror.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan keamanan Papua bakal tetap terjaga karena pihaknya terus melakukan pengamanan. Terlebih ada Satgas Papua, yang bekerja sudah empat bulan untuk mengantisipasi gerakan KKB. Kemudian dibantu juga oleh personel Polda Papua. 

“Maping dan profiling KKB sudah dilakukan dengan baik oleh Polda Papua dan Satgas Papua untuk mengantisipasi potensi kerawanan itu,” kata Dedi di Jakarta pada Senin, (26/11).

Dedi mengungkapkan, saat ini KKB memang cenderung menyasar daerah-daerah dengan jumlah penduduk yang sedikit. Kendati demikian, Polda Papua bersama dengan Satgas Papua terus mengantisipasi hal tersebut.

Saat ini, kata Dedi, sejumlah anggota KKB telah diamankan beserta dengan senjata dan amunisinya. 
Adapun yang masih beraada di sejumlah daerah, pihak kepolisian mengaku sudah melakukan pemantauan di sejumlah daerah yang dimaksud.