Tangani arus mudik, jalan arteri dan alternatif perlu atensi Polri

Jalan arteri atau jalan alternatif perlu mendapatkan atensi lantaran belum tentu aman bagi semua pengendara mobil.

Polri dinilai perlu memberikan atensi terhadap penanganan arus mudik di jalan arteri dan alternatif. Foto Antara/Galih Pradipta

Penanganan arus mudik Lebaran 2023 oleh kepolisian, terutama di jalan tol, dinilai sudah cukup baik. Pangkalnya, tidak menimbulkan masalah berarti.

"Antisipasi [arus mudik] di jalan tol sudah cukup banyak dilakukan kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dan saya kira enggak ada masalah karena di jalan tol paling [masalah] di rest area dan gerbang tol," ucap pengamat transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony Sulaksono Wibowo, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/4).

Menurutnya, mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalan tol cukup dengan lawan arus (contraflow). Pun otoritas hanya perlu memastikan keamanan para pemudik mengingat mobilitas di sana cenderung terkontrol.

"Yang perlu polisi dan Kementerian Perhubungan jaga di jalan tol [adalah] keselamatan saja karena sudah macet, lancar, macet, lancar, orang biasanya responsnya akan lebih lambat. Itu saja yang penting di jalan tol," tuturnya.

Kendati demikian, Sony mengingatkan, kemacetan di jalan tol adalah keniscayaan. Padahalnya, volume kendaraan yang melintas melonjak signifikan saat arus mudik dan balik Lebaran.