Terima lagi reagen PCR, pemerintah segera tambah laboratorium Covid-19

Saat ini sudah ada 38 laboratorium dari sebelumnya 37 laboratorium untuk memeriksa Covid-19.

Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen saat swab test secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (LABKESDA) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020). Foto Antara/Fauzan

Pemerintah mengklaim hari ini menerima lagi reagen untuk memeriksa  Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dari luar negeri. Pemerintah akan mendistribusikannya ke sejumlah laboratorium yang ada dan menambah laboratorium baru agar jumlah pemeriksaan virus corona dapat ditingkatkan.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, terdapat 38 laboratorium yang telah kembali memeriksa spesimen corona. Jumlah itu bertambah satu, dari sebelumnya hanya 37 laboratorium dapat melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19.

"Beberapa laboratorium akan segera ditambahkan, begitu reagen yang harus kita datangkan dari negara lain sudah bisa kita terima hari ini," kata Yuri, sapaan Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (22/4).

Dia tak merinci jumlah dan asal reagen yang diterima. Namun kemarin, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut pemerintah telah menerima dan mendistribusikan 50.000 reagen dari Korea Selatan itu ke sejumlah laboratorium.

Menurut Yuri, laboratorium-laboratorium yang ada di Indonesia telah melakukan pemeriksaan real time PCR terhadap lebih dari 55.000 spesimen dari 47.000 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 7.418 orang yang dinyatakan positif dan 39.943 negatif.