Tiga sumber utama penularan Covid-19 yang perlu diwaspadai

Masyarakat diminta waspada terhadap tiga sumber penularan Covid-19 yakni barang belanjaan, uang tunai, dan keluarga terdekat.

Seorang warga memanfaatkan fasilitas tempat cuci tangan di Terminal Depok, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). Pemerintah Kota Depok menyediakan tempat cuci tangan portable tersebut untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto Antara/Asprilla Dwi Adha/pras.

Masyarakat khususnya kelompok berusia lanjut atau lansia diminta waspada terhadap tiga sumber utama penularan coronavirus.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi mengatakan sumber pertama yakni sejumlah barang yang dikirim melalui online atau dalam jaringan. Sebab, barang tersebut tidak diketahui tingkat sterilisasi oleh para pembeli.

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan dalam dialog bertajuk "Mengatasi Kebosasan dan Mengelola Stress Disaat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri," di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (29/3).

Sumber kedua berasal dari uang tunai. Menurutnya, alat transksi itu memiliki tingkat tinggi kehidupan suatu virus. Hal itu diyakininya lantaran uang dapat dipegang oleh banyak orang. Sehingga, uang tunai bisa menjadi salah satu sumber penularan Covid-19.

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya, kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," katanya.